Pages

Minggu, 04 Mei 2014

KOMUNIKASI VIA INTERNET (INTERNET COMMUNICATION)

BAB 10
KOMUNIKASI VIA INTERNET (INTERNET COMMUNICATION)

Salah satu yang membuat internet menjadi favorit bagi banyak orang adalah tersedianya fasilitas komunikasi yang efektif dan efisien dari segi biaya dan waktu. Sebelum adanya internet, kita masih menggunakan telegram, telepon dan yang sejenisnya yang membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan besar untuk dapat berkomunikasi. Namun dengen berkembangnya internet secara pesat, maka semua orang telah dapat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain yang jarak dan tempatnya jauh berada.
Berikut akan diperkenalkan aplikasi-apilikasi komunikasi yang popular melalui internet. Istilah untuk aktifitas ini sering disebut chatting.

A.  APA DAN BAGAIMANA ITU CHATTING ?
Percakapan di Internet (Inggris: Internet chat atau online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.
Perangkat Lunak
Beberapa perangkat lunak untuk percakapan di Internet antara lain:
·         AOL Instant Messenger (AIM)
·         Camfrog
·         Campfire
·         Gadu-Gadu
·         Google Talk
·         ICQ (OSCAR)
·         Internet Relay Chat (IRC)
·         Jabber (XMPP)
·         MUD
·         MUSH
·         PalTalk
·         Pichat
·         PSYC
·         SILC
·         Skype
·         Talk
·         Talker
·         TeamSpeak (TS)
·         Vivox
·         Windows Live Messenger
·         Yahoo! Messenger
·         Facebook

 

Perangkat lunak yang mendukung banyak protokol
·         Adium
·         Digsby
·         IMVU
·         Kopete
·         Meetro
·         Miranda IM
·         Pidgin
·         Trillian
·         Quiet Internet Pager


1.   Aplikasi MiRC
Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Sejarah IRC
IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.
Pada tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.

 

3.   Bagian-bagian IRC
Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet, NewNet. Server-server tersebut yang menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama. Client-client yang direkomendasikan:
1.     UNIX/Shell: ircII
2.     Windows: mIRC or PIRCH
3.     Macintosh: Ircle

Channel-channel dalam IRC dikelola oleh "channel operator",atau "ops". Channel operator adalah orang-orang yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat. Mereka dapat "memilih" siapa saja yang bisa join di channel tersebut, siapa yang berhak berbicara (dengan membuat channel tersebut "moderated") dan juga menolak (dengan mem-"ban" beberapa pemain) Jika ada di-"ban" dari suatu channel, bicaralah dengan channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-"unban").
IRC server dikelola oleh IRC admin dan IRC operator (atau "IRCops"). IRCops tidak turut campur dalam urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status op, dan lain-lain. Mereka bukanlah "IRC cops".


4.   Menggunakan IRC
Saat kita menggunakan Internet Relay Chat, kita akan disambut oleh Message of the Day (Pesan Hari Ini) atau MOTD yang berisi informasi tentang situs dan lalu lintas pada jaringan. Ketika menggunakan IRC, pengguna diminta untuk menyebutkan nama julukan atau samaran. Sang pengguna memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas.
Bila telah log in pada client IRC, pengguna dapat secara otomatis menggunakan saluran aktif yang bernama #chatzone. Semua saluran atau channel IRC diawali tanda (#) ada juga dengan tanda (&). Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja sehingga pengguna harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel. Semua perintah IRC dimulai dengan garis miring (/). Misalnya untuk mengetahui daftar saluran yang sedang digunakan pada saat yang bersangkutan dan jumlah orang yang bercakap-cakap, ketik perintah “/list”. Untuk turut serta dalam percakapan di Internet ini, tinggal beri perintah ”/join” diikuti tanda #(nama saluran). Jika pengguna telah memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Semua perintah-perintah dasar IRC berlaku untuk semua client-client.

 

Beberapa perintah dasar IRC
·         /Bye untuk keluar dari channel dan program IRC
·         /Help untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perintah IRC
·         /Ignore diikuti alamat email atau nama julukan pengguna lain untuk menolak saluran komunikasi dengan pengguna individu tersebut.
·         /Msg untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya lalu isi pesan
·         /Names untuk menunjukkan nama seluruh pengguna yang berada dalam channel tersebut.
·         /Nick untuk mengganti nama julukan atau nama samaran sebelumnya
·         /Whois diikuti nama julukan, akan menunjukkan informasi mengenai pengguna tersebut.
5.   Menghubungi IRC
Pengguna IRC menjalankan program client yang berhubungan dengan sebuah server yang letaknya entah dimana. Lebih baik jika pengguna memiliki client lokal, hal tersebut dapat dicari tahu dengan mengetik IRC pada prompt komputer. Jika tidak ada, pengguna dapat menghubungi perusahaan jasa langganan untuk memasang client lokal.
Untuk mudahnya, pengguna dapat bergabung dengan channel-channel seperti: #new2irc, #newuser, #newbies atau #chatback #chat #ircbar. Jika pengguna membutuhkan pertolongan lebih lanjut dengan mIRC, pengguna dapat bergabung dengan #new2mirc atau #mirchelp. Untuk pertolongan dengan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih umum, pengguna dapat bergabung dengan #irchelp.
Channel-channel di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bila pengguna ingin berbahasa Indonesia, dapat bergabung dengan #bawel, #pondok, #indo, #puncak, dan masih banyak lagi. Untuk membentuk channel sendiri, misalnya dengan nama #Surya (dengan catatan bahwa channel tersebut belum dibentuk oleh orang lain), pengguna cukup mengetikkan /join #Surya. Channel itu akan terbentuk dan pengguna adalah sang channel-op.


Beberapa situs IRC adalah untuk umum. Biasanya situs ini sangat padat karena banyak pengguna yang terhubung ke dalamnya. Berikut beberapa alamat client milik umum
·         sci.dixie.edu 6677
·         exuokmas.ecn.uoknor.edu 6533
·         obelix.wu-wien.ac.at 6996
·         irc.tuzvo.sk 6533
·         irc.nsycu.edu.tw 6533

 

Masalah-masalah dalam server
Gangguan dapat saja terjadi di dalam ber-IRC.

 

1.   Net Split
Netsplit adalah kondisi dimana network bisa terpisahkan, sehingga pengguna akan terpisahkan dengan pemain-pemain lain. Lamanya split ini tidak bisa ditebak, kadang hanya terjadi sebentar saja, tetapi kadang-kadang juga dapat memakan waktu sampai berhari-hari.

 

2.   Lag
Gangguan yang paling umum adalah "lag", dimana terjadi semacam hambatan ("delay") antara waktu saat pengguna mengetikkan suatu kalimat, dan waktu saat pemain lain membacanya. Cara mengatasinya adalah dengan memilih server yang dekat karena dapat mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan menggunakan perintah /ping. Hal ini dapat ditanggulangi dengan mengganti server Anda, dengan menggunakan perintah /server nama.server.di.sini.
/links

 

3.   Ping? Pong!
Untuk para pengguna mIRC: Ping? Pong! di status, artinya server baru saja melakukan "ping" kepada client. Sebenarnya tujuannya adalah untuk melihat apakah pengguna masih berhubungan dengan server, dan Anda secara otomatis menjawab dengan "pong". Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.

Langkah dalam Chatting via MIRC
Berikut langkah-langkah berchatting melalui mIRc:

1.     Bukalah program mIRc.
2.     Akan tampil kotak dialog mIRc Options, isi data yang diminta dalam kotak isian berupa:
-      IRC Server : Stasiun penghubung yang digunakan mis : DalNet atau Telkom
-      Full Name : Isikan nama lengkap Anda
-      e-Mail Address : Isikan alamat e-Mail Anda
-      Nick Name : Isikan nama panggilan atau nama keren Anda
-      Alternative : Isikan nama panggilan yang lain ( Cadangan )
3.     Untuk masuk klik Connect to IRC Server
Jika telah Connect akan kotak Channel Folder berisi channel atau ruangan untuk berkomunikasi. Pilih atau ketik satu channel mis : Palembang, kemudian klik Join untuk masuk. Akan tampil satu windows channel yang berisi nama-nama orang yang sedang on-line.
* windows channel ada terbagi 2 bagian yaitu kiri dan kanan. Yang bagian kanan merupakan status orang yang masuk dan keluar ruangan/channel. Sedangkan yang kanan merupakan daftar nama orang yang sedang chatting.
4.     Istilah-istilah dalam Chatting (Idioms)
Didalam berkomunikasi dengan orang-orang melalui internet terutama dalam chatting mempunyai bahasa-bahasa tersendiri atau bahasa gaul untuk chatting.

Berikut adalah beberapa contoh bahasa gaul atau istilah-istilah dalam chatting :
asl pls = Age, Sex, Location Please ( meminta data diri Anda berupa Usia, jenis kelamin dan Lokasi )
kul/ker = Kuliah atau Kerja
lol = Laugh of Loud ( tertawa lebar )
u/u1/u1st = You / You First ( Kamu/ Kamu duluan )
dmn = Dimana
sem/jur = Semester / Jurusan
gtg = Get To GO ( mau pergi )
m = Pria, f = Wanita
cu = See You ( sampai ketemu lagi )
ic = I see ( Oh begitu ! )
jk = Just Kidding ( hanya bercanda )
brb = Be Right Back ( segera kembali )
wb/webek = Welcome Back ( Selamat datang kembali )

Icon-Icon Expressi (emoticon)
:) = Senyum
:( = Sedih
8) = Berkacamata
:P = Mencibir
;( = Menangis
;) = Berkedip

4.   Aplikasi Messenger
Selain menggunakan fasilitas IRC, kita juga dapat menggunakan fasilitas instant messenger untuk bisa berkomunikasi/chatting dengan orang lain, hanya saja dengan instant messanger, kita dapat berkomunikasi dengan fitur-fitur yang lebih canggih, karena di dalamnya terdapat fitur untuk grafik, video, bahkan voice.
Hanya dengan berbekal sambungan internet, headset, bermikrofon, dan webcam, Anda bisa melakukan semua bentuk komunikasi tersebut. Sungguh mudah dan luar biasa.













Sejarah Perkembangan IM (Instant Messenger)
Perkembangan pengirim pesan instan berbasis GUI diawali ketika mulai maraknya orang menggunakan teknologi ada awal tahun 1990 ketika banyak orang mulai meluangkan waktu untuk mengakses Internet.
Seiring dengan perkembangannya, pengiriman pesan instan ini mulai meledak di Internet pada November 1996 saat Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah program pengirim pesan instan gratis, dan diikuti oleh AOL Instant Messenger (AIM) pada tahun 1997. AOL kemudian mengakuisisi Mirabilis. Penggunaan pengirim pesan instan kemudian berkembang dari hanya bisa diakses melalui komputer menjadi dapat diakses juga melalui telepon genggam sehinggal memungkinkan para penggunanya mengakses layanan ini kapan saja dan di mana saja.
Instant messaging kini tengah berkembang sehingga tidak hanya sebatas teks. Tahun 1996, sebuah perusahaan Israel yang tak begitu terkenal menyusun sebuah perangkat lunak, yang kemudian segara menjadi program yang paling banyak di-download di web, dan memicu revolusi komunikasi dunia. Teknologi itu memungkinkan dua orang di mana pun bisa saling mengetikkan pesan secara real time.

Fitur-fitur pada IM
Pengiriman pesan instan memiliki beberapa fitur dasar, di antaranya:
1.     Instant messages: Mengirimkan pesan kepada orang yang sedang daring secara real time.
2.     Chat: Menciptakan chat room atau ruang diskusi dengan beberapa orang.
3.     Web links: Berbagi pranala mengenai situs web favorit.
4.     Video: Berbagi video.
5.     Images: Berbagi gambar.
6.     Files: Berbagi berkas komputer.
7.     Talk: Berfungsi seperti layaknya telepon.
8.     Mobile capabilities: Mengirimkan pesan instan melalui telepon genggam.


IM Terpopuler
Personal IM (IM yang dipakai hanya untuk sesame pengguna messengernya) :
·         MSN Messenger (Windows Messenger)
·         Yahoo Messenger (YM)
·         Google Talk
·         ICQ Messenger
·         AIM Messenger
·         Skype


Multi IM (IM yang bisa digunakan untuk antar IM):
·         Digsby
·         Pidgin
·         Adium
·         Trillian
·         Meebo
·         eBuddy
·         KoolIM
·         Mabber
·         Dsb.

Sumber link : http://blog.loksado.com/instant-messenger-sejarah-dan-perkembangannya

5.   Web Camera
IM mempunyai fasilitas yang lebih canggih dari pada IRC yaitu salah satunya dengan adanya fasilitas Web cam, dimana antar pengguna messenger yang sedang berkomunikasi dapat secara langsung saling melihat dan memperhatikan pengguna yang lain melalui web camera tersebut.
IM yang paling banyak dipakai dan dipergunakan sekaligus dikembangkan adalah IM Yahoo Messenger (YM) dan Skype.










6.   (Voice over Internet Protocol)
Fasilitas lain yang disediakan oleh IM dimana para penggunanya dapat berkomunikasi langsung menggunakan media suara. Cukup disediakan sebuah headset yang lengkap dengan mikroponnya, maka sudah dapat berbicara dengan pengguna lain. Penggunaan fasilitas ini, baik webcam dan voice, membutuhkan kapasitas koneksi jaringan yang tinggi sehingga gambar maupun suara dapat dengan penuh dan jelas dikirim dan diterima antar pengguna tersebut.
Adapun IM yang banyak dipergunakan untuk VOIP adalah YM dan Skype.

            




2 komentar:


  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    BalasHapus