BAB 9
SURAT ELEKTRONIK (E-MAIL)
E-Mail
(Electronic Mail) adalah
surat elektronik kita di internet. Seperti yang telah pernah kita bahas bahwa
untuk bisa menerima dan mengirim E-Mail, kita harus terlebih dahulu
mempunyai kotak surat (mail box) yang digunakan sebagai tempat pengiriman dan
penyimpanan surat-surat kita.
Di dalam kotak
surat ini terdapat banyak fasilitas tambahan penting untuk kita gunakan dan
ketahui. Diantaranya adalah tempat penyimpanan alamat e-mail, surat-surat yang
penting bagi kita.
Untuk bisa
mengirim dan menyimpan e-Mail, maka kita memerlukan sebuah kotak surat (Mail
Box) sebagai tempat pengiriman dan penyimpanan e-Mail tersebut. Dari
kotak surat inilah kita bisa mengatur dan mengelola surat-surat yang akan kita
kirim ataupun surat-surat yang akan kita terima.
Untuk memiliki
kotak surat (Mail Box) ini, kita harus terlebih dahulu mendaftarkannya
pada suatu situs yang menyediakan fasilitas e-Mail gratis.
Contohnya pada
situs Yahoo.com, Plasa.com,Telkom.net, dll.
A. SEJARAH
E-MAIL
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum
terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa
dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai
negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa
pos lagi.
Anatomi Ratel, sebagai contoh:
emailsaya@surabaya.vibriel.net.id
|
Keterangan:
-
emailsaya:
nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju
dalam mailserver
-
surabaya.vibriel.net.id:
nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
-
surabaya:
subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer
dalam lingkungan pemilik domain
-
vibriel:
nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan
(Vibriel)
-
net:
second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking
(net)
Saya menulis surel →
e-mail client (di komputer saya) →
SMTP server penyedia e-mail saya →
Internet → POP3 server
penyedia e-mail penerima →
e-mail client (di komputer si penerima) →
surat dibaca si penerima
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin
(selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab
setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak
server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita
kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim
mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan,
dengan mengacak (enkrip)
data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP,
sertifikat
digital, dan lain-lain)
1.
Registrasi
e-Mai
Untuk bisa mengirim dan menyimpan e-Mail, maka kita memerlukan sebuah kotak surat ( Mail Box ) sebagai tempat
pengiriman dan penyimpanan e-Mail
tersebut. Dari kotak surat inilah kita bisa mengatur dan mengelola surat-surat
yang akan kita kirim ataupun surat-surat yang akan kita terima.
Untuk memiliki kotak surat (Mail Box)
ini, kita harus terlebih dahulu mendaftarkannya pada suatu situs yang menyediakan
fasilitas e-Mail gratis.
Contohnya pada situs Yahoo.com, Plasa.com,Telkom.net, dll.
Langkah-langkah dalam registrasi e-Mail :
1.
Bukalah situs penyedia e-Mail yang ingin Anda daftar.
2.
Cari bagian pendaftaran kemudian klik daftar ( Sign Up / Register ).
3.
Tampil Formulir Pendaftaran.
4.
Isilah formulir pendaftaran sesuai dengan
keterangan yang diminta.
5.
Cek kembali formulir pendaftaran Anda.
6.
Klik tanda selesai ( Finish, Submit,
dll ) jika Anda telah selesai mengisi.
Perhatikan:
Username/User ID : Berisi nama untuk login ( masuk )
Username/User ID : Berisi nama untuk login ( masuk )
Password : Berisi kata sandi
atau PIN untuk login
Re-type Password : Password
diketik ulang
Pekerjaan / Industry : Berisi
Jenis usaha
Setelah Anda berhasil mendaftarkan e-Mail Anda, maka akan tampil satu konfirmasi yang
memberikan informasi Mail Box
yang baru saja Anda daftarkan. Informasi yang diberikan adalah Username / User ID yang merupakan nama untuk
masuk ke dalam Mail Box
dan informasi alamat e-Mail
Anda yang akan Anda berikan kepada orang lain.
2. Fitur-fitur dalam e-Mail
Setelah kita
mendaftarkan email, maka kita dapat menggunakan berbagai fasilitas dan fitur
yang terdapat di dalamnya.
-
Kotak Surat (Inbox/Check Mail) --
Berfungsi untuk mengecek ada tidak surat yang masuk untuk Anda. Disinilah
tempat penyimpanan dari surat-surat yang Anda terima.
-
Tulis Surat (Compose) -- Berfungsi untuk
menampilkan formulir pengiriman surat. Disini tempat untuk Anda mengetik surat
yang akan Anda kirim.
-
Draft –- Tempat penyimpanan sementara konsep email
yang belum kita kirim.
-
Log Out (Sign Out) -- Digunakan untuk
keluar dari Mail Box Anda sekaligus mengunci Mail Box tersebut
sehingga orang lain tidak bisa masuk ke Mail Box Anda.
-
Folder –- Digunakan
untuk membuat folder khusus penyimpanan surat-surat tertentu.
-
Chatting –- Digunakan
untuk berkomunikasi lisan secara langsung ke sesame pengguna email.
-
Application -– Berisi aplikasi-aplikasi tambahan yang terintergrasi dengan fitur
email.
3. Mengirim e-Mail (sending e-mail)
Setelah kita mempunyai
email kita dapat melakukan proses-proses pengiriman dan penerimaan email
selayaknya terjadi dalam penggunaan surat konvensional.
Berikut adalah
langkah-langkah dalam mengirim e-mail :
1. Klik Tulis Surat (Compose);
2. Tampil Formulir pengiriman e-Mail;
3. Isilah formulir Pengiriman sesuai
keterangan yang diminta;
4. Kemudian klik kotak Kirim (Send);
5. Akan tampil konfirmasi keberhasilan
pengiriman e-Mail.
Perhatian:
Kepada / To : Diisi dengan alamat e-Mail tujuan.Perihal / Subject : Judul atau Topik surat yang akan dikirim
Cc dan BCc : Diisi dengan alamat
e-Mail yang lain jika mau mengirim surat tsb kebanyak tujuan / alamat e-Mail.
* Alamat e-Mail
harus diisi dengan benar karena sangat sensitif
4. Menerima e-Mail yang Masuk
(Incomming Mail)
Setiap surat yang masuk untuk Anda akan disimpan di bagian Kotak
Surat ( INBOX ). Untuk mengetahui atau mengecek
surat-surat yang masuk tersebut :
1. Klik
Kotak Surat (INBOX);
2. Akan
tampil banyak kolom (Status,
From, Subject, dll) yang berisi surat-surat untuk Anda;
3. Pilih
salah satu surat untuk dibaca;
4. Klik
Nama pengirim atau Judul surat untuk membaca isi surat tersebut.
* Perhatian : Ada situs yang diklik nama pengirim untuk membaca seperti Plasa.com, namun ada juga yang diklik Subjectnya untuk membaca seperti Yahoo.com
* Perhatian : Ada situs yang diklik nama pengirim untuk membaca seperti Plasa.com, namun ada juga yang diklik Subjectnya untuk membaca seperti Yahoo.com
5.
Informasi
Gagal dalam Pengiriman e-mail
Terkadang dalam
pengiriman surat kita perlu tahu apakah email yang kita kirim gagal atau tidak
dikirimkan ketujuan. Untungnya email mempunyai layanan informasi apabila
terjadi kegagalan dalam pengiriman email.
Fasilitas email
ini bernama mail delivery subsystem atau
mail daemon delivery. Apabila pada saat diklik inbox, pada subjek terdapat
judul seperti diatas maka kemungkinan besar itu adalah informasi mengenai
pengiriman email yang gagal.
B. PENGIRIMAN
FILE LAMPIRAN (ATTACMENT)
Di dalam e-mail,
bagian yang digunakan untuk melampirkan file yang telah kita buat dan simpan di
Disket atau di Harddisk dalam bentuk .doc, .txt dan bentuk lainnya adalah
attachment (lampiran) (biasa disingkat attach). Attachment ini berada
dalam bagian pengiriman surat atau compose.
Langkah- langkah
pengiriman file (attachment) :
1. Klik COMPOSE untuk masuk ke bagian
pengiriman e-mail;
2. Klik ATTACH FILES untuk memulai
pengiriman file;
3. Klik BROWSE untuk memilih file yang
ingin Anda kirim;
4. Klik ATTACH FILES untuk memasukkan
file tersebut;
5. Tunggu sampai ada konfirmasi
selesai;
6. Klik BROWSE kembali jika Anda ingin
memasukkan file yang lain;
7. Jika tidak, klik DONE untuk
menyelesaikan pemasukkan file ke e-mail;
8. File tersebut siap dikirimkan.
C. PENGIRIMAN
KE BANYAK TUJUAN
Email juga
mempunyai fasilitas lain yaitu fasilitas pengiriman surat ke banyak tujuan
sehingga lebih efektif dan efisien dalam pengiriman email dengan isi surat dan
lampiran yang sama.
Dalam kotak surat tersedia
juga fasilitas untuk mengirim surat/e-mail ke banyak tujuan, yaitu :
1.
CC
=> Copy Carbon
Berfungsi sebagai
tembusan dan tujuan alamat e-mail yang kedua.
2. BCC => Blind Copy
Carbon Berfungsi sebagai arsip dari file surat yang akan dikirim sekaligus juga
tempat tujuan alamat email yang ketiga
D. FITUR
LAIN DALAM E-MAIL
Pada kesempatan
kali ini kita akan membahas bagian atau fungsi lain yang terdapat dalam mailbox
e-Mail kita.
1. Folder
FOLDER : Bagian kotak khusus dalam mailbox
kita. Disini kita bisa membuat kotak-kotak surat untuk surat-surat khusus kita.
2. Draft/Arsip
DRAFT : Merupakan tempat penyimpanan
surat-surat yang belum selesai kita ketik dan kirim (masih berupa konsep surat)
3. Kotak tempat Surat Terkirim (Sent)
SENT : Tempat arsip surat-surat yang telah
Anda kirim
4. Kotak Tempat Surat yang dibuang
(Trash)
TRASH : Tempat surat-surat yang telah Anda
hapus.
5. Pilihan-pilihan email (Option)
OPTION : Berisi menu-menu pilihan untuk
mengatur bentuk dan tampilan mailbox e-Mail Anda.
CONTACTS : Tempat kita memasukan alamat-alamat
e-Mail relasi kita ke dalam mailbox e-Mail.
APPLICATIONS : Berisi aplikasi-aplikasi tambahan yang
terintergrasi dengan fasilitas email.
0 komentar:
Posting Komentar